Sistem Pembayaran Borongan

Sistem Pembayaran Borongan

Jika Anda menggunakan jasa pemborong, Anda dapat memborongkan semua pekerjaan termasuk bahan secara total, atau Anda bisa menyediakan bahan sendiri dan hanya membayar upah pekerja saja, semua tergantung dengan kebutuhan Anda.

Keuntungan dalam menggunakan sistem borongan material bahan dan upah adalah Anda hanya perlu memberikan informasi mengenai spesifikasi material bahan yang Anda inginkan. Anda tidak perlu memusingkan mengenai pembelian material bahan, karena pemborong akan melakukan pembelian material dan bahan bangunan serta melaksanakan pekerjaan sesuai dengan yang Anda inginkan. Namun, Anda harus tetap memonitor proses dan harga pembelian material bahan untuk mengurangi kecurangan.

Untuk sistem borongan upah saja, sebenarnya sama seperti sistem harian, hanya saja Anda perlu membeli material bahan bangunan tersebut sendiri. Pada umumnya, pemborong akan menghitung upah kerja berdasarkan gambar dan spesifikasi dengan nilai tertentu, misalnya Rp. 1.000.000,-/m2, yang dikalikan dengan luas bangunan.

Sistem pembayaran ini lebih memberikan kebebasan kepada Anda jika ingin mengganti desain rencana bangunan Anda. Pada dasarnya, sistem borongan upah lebih memberikan kepastian akan besarnya total biaya  dan lamanya proses pengerjaan jika dibandingkan dengan sistem harian. Umumnya, pengerjaan proyek dengan sistem borongan upah juga lebih cepat dari segi waktu. Pastikan juga untuk mempertimbangkan hal berikut dalam memilih jasa kontraktor dan pemborong:

Tips untuk memilih jasa kontraktor dan pemborong:

Dapatkan referensi kontraktor dan pemborong berpengalaman dengan membaca review mereka tersebut dari customer yang telah menggunakan jasa mereka sebelumnya. Hal ini akan bermanfaat dalam menentukan kontraktor dan pemborong yang berkualitas.
Cari kontraktor dan pemborong yang dapat diajak untuk bernegosiasi mengenai pemberian garansi setelah pekerjaan selesai.
Diskusikan dan negosiasikan SPK agar penjanjian tersebut dapat menjelaskan dengan detail hak dan kewajiban customer dan penyedia jasa.
Jika Anda belum memiliki desain yang tepat, Anda dapat mencari penyedia jasa profesional lainnya seperti arsitek.
Baik jasa kontraktor ataupun pemborong, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pada umumnya, jasa kontraktor memang lebih mahal daripada pemborong karena dikerjakan oleh tenaga ahli berpengalaman dan memiliki berbadan hukum. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa ada jasa pemborong yang juga lebih profesional daripada kontraktor.


Jika Anda membutuhkan jasa yang lebih murah, efisien, untuk rumah tinggal yang tidak terlalu besar, Anda dapat menggunakan jasa pemborong. Namun bagi Anda yang  membutuhkan jasa konstruksi yang lebih profesional, legal, dan berpengalaman, maka lebih baik Anda menggunakan jasa kontraktor. Untuk menjamin kepuasan dan kualitas hasil pekerjaan, Anda sebaiknya selalu mengawasi pekerjaan kontraktor dan pemborong. Jangan lupakan juga pentingnya menjaga komunikasi dalam menyatakan keinginan dan kebutuhan Anda agar tidak terjadi perselisihan.

0 Response to "Sistem Pembayaran Borongan "

Diberdayakan oleh Blogger.