Tip Menggunakan Jasa Desainer Interior di Tangerang


Jika Anda tidak bekerja di bidang kreatif, Anda mungkin tidak memiliki gambaran yang jelas tentang bagaimana menata isi rumah Anda.

Lebih dari sekedar memberikan saran tentang warna furnitur, seorang desainer interior akan menciptakan ruangan yang harmonis dan memperhitungkan pencahayaan dan kegunaan dari suatu ruang di rumah Anda.


Ketika Anda menyewa jasa desainer interior, Anda akan menjalankan sebuah proyek kolaboratif, jadi penting untuk Anda dan desainer interior yang Anda pilih untuk sama-sama menyetujui beberapa hal penting sebelum mulai bekerja:

1. Ketahui Anggaran
Hal yang paling utama dan terpenting, Anda harus memiliki anggaran yang wajar dan Anda pun wajib berterus terang kepada desainer interior Anda. Alokasi sumber finansial yang tidak tepat akan membuat proyek berjalan setengah-setengah dan menyebabkan permasalahan dalam proses konstruksinya.

Jangan malu atau malah merahasiakan anggaran Anda, hal ini akan membuat desainer interior menyarankan sesuatu di luar ekspektasi Anda. Sampaikan pada desainer berapa banyak anggaran yang Anda miliki, sehingga mereka bisa mengelola anggaran berdasarkan ide Anda dalam proyek ini.

Namun, Anda juga harus fleksibel. Mungkin ada beberapa biaya yang terlewatkan karena sulit untuk menentukannya sebelum proyek dimulai, seperti biaya pembongkaran, biaya kontaktor dan konsultan, dan biaya pengiriman (jika Anda memesan furnitur dari luar negeri).

2. Kenali Gaya
Cara terbaik untuk menjelaskan apa yang Anda inginkan adalah Anda harus melakukan browsing foto yang setidaknya memberikan gambaran mengenai gaya dan selera Anda. Namun jangan berharap desainer akan langsung tanggap dengan apa yang Anda mau jika Anda hanya mengatakan “Saya suka interior bergaya Bali”, atau “Zen style”, ataupun “Retro style”, karena hal ini dapat menyebabkan salah interpretasi.

Foto-foto yang Anda kumpulkan dapat diolah menjadi sebuah mood board yang akan memberikan desainer pemahaman tentang tema yang Anda sukai. Situs seperti Houzz.com dan Pinterest.com merupakan sumber berharga untuk Anda yang menyukai desain. Tuangkan juga ide-ide Anda di dalam scrapbook dan identifikasi bagian apa saja yang paling Anda suka dan juga alasannya. Jangan lupa juga untuk memasukkan foto hal-hal yang tidak Anda sukai. Diskusikan ide tersebut dengan desainer dan lihat bagaimana hal itu dapat membantu desainer menjalankan proyek renovasi interior rumah Anda.

3. Kenali Fungsi Ruang
Menguasai fungsi dari sebuah ruangan akan membantu Anda menjelaskan kepada desainer tentang apa yang Anda lakukan, berapa banyak orang yang tinggal di rumah, apa saja hobi Anda, dan rutinitas sehari-hari di rumah. Detail seperti itu akan membantu desainer interior Anda untuk menciptakan ruangan yang efisien dan berguna. Lagipula, mengapa membuat ruangan yang cantik dan mewah seperti yang terlihat di sampul majalah jika ruangan tersebut tidak memiliki tujuan yang bermanfaat?

4. Minta Rekomendasi
Setiap desainer interior memiliki style yang berbeda. Beberapa desainer lebih memilih menggunakan baja dan semen untuk menciptakan tampilan industry look, dan beberapa desainer lainnya memilih untuk menggunakan kayu dan perabot vintage. Lihatlah portfolio mereka untuk memastikan gaya mereka cocok dengan ide Anda. Selain itu, Anda juga dapat mengecek apakah ada orang lain yang sudah menyewa jasa mereka sebelumnya. Anda dapat melihat banyak desainer interior di Indonesia yang direkomendasikan pada situs Sejasa.com.

Jika Anda hanya memiliki sedikit waktu, Sejasa.com juga dapat menyarankan desainer interior untuk Anda, dan kami akan meminta mereka untuk mengirimkan Anda penawaran.

5. Perhatikan Rencana
Menghabiskan lebih banyak waktu dalam membuat perencanaan akan mengurangi waktu untuk bekerja. Oleh karena itu, dalam hal perencanaan desain interior, ada beberapa tahapan yang harus dilalui:

Desainer interior Anda bisa memberikan tampilan 3D yang menampilkan kain, warna dan furnitur yang akan digunakan oleh mereka. Ini adalah kesempatan pertama Anda untuk melihat apakah visi mereka cocok dengan selera Anda.
Desain skematik yang merupakan sebuah perencanaan detail yang meliputi pengukuran penuh) disusun untuk mengidentifikasi masalah dan inefisiensi dan menciptakan ruang untuk area yang terabaikan. Cobalah untuk tidak terburu-buru dalam menggambar desain skematik karena layout desain yang digambar dengan baik akan menghasilkan proyek yang produktif.
Desain rencana pembangunan adalah di mana desainer interior dapat melihat gambaran terakhir pekerjaannya. Desain ini biasanya memerlukan waktu sekitar delapan minggu. Oleh karena itu, desain rencana pembangunan ini harus dikerjakan di awal sehingga proyek Anda berjalan sesuai waktu.

6. Perjelas Tugas dan Tanggung Jawab
Sebelum proyek benar-benar berjalan, penting untuk menerangkan apakah desainer interior sudah menjalankan tanggung jawabnya untuk memenuhi batas waktu pengiriman barang. Apakah Anda akan bertanya kepada desainer untuk menggunakan jasa kontraktor yang Anda pilih? Atau membiarkan mereka merekrut kontraktor sendiri? Apakah mereka hanya menyediakan konsultasi desain, atau mereka juga bisa menjadi manajer proyek?

Sebagai contoh, untuk menghemat biaya, Anda dapat melakukan riset furnitur di IKEA dan membelinya disana.

Pastikan tugas yang telah dijelaskan oleh Anda dapat dimengerti oleh desainer interior. Selain itu, kontraktor dan desainer pun juga harus saling menghargai peran dan tanggung jawab masing-masing. Menjelaskan lingkup pekerjaan secara jelas dibutuhkan agar tidak ada kesalahpahaman. Anda juga harus memperjelas ruangan mana yang akan di desain (sangat penting untuk Anda yang memiliki ruangan terbuka, dapur dan ruang makan, tetapi untuk beberapa alasan, Anda tidak mau area tersebut di desain ulang).

7. Terbuka pada Perubahan dan Bersenang-senanglah!

Ada alasan tersendiri mengapa Anda menyewa jasa desainer interior. Alasannya adalah Anda menginginkan opini dari seorang yang profesional dan mengerti bagaimana mentransformasi ruang di rumah Anda. Merancang ulang isi rumah Anda memerlukan waktu yang tidak singkat. Oleh karena itu, nikmatilah setiap prosesnya dan tuangkan ide-ide kreatif Anda kepada desainer interior dan biarkan mereka mengerjakan tugasnya.

0 Response to "Tip Menggunakan Jasa Desainer Interior di Tangerang"

Diberdayakan oleh Blogger.