Istilah Nama Dalam Dunia Bangunan


Bila ada tukang kampung tentu ada juga tukang kota. Maksud istilah tukang kampung di sini bukanlah tukang-tukang yang bekerja di kampung atau tukang-tukang yang berasal dari kampung, tetapi pemakaian istilah bangunan yang mereka (tukang-tukang) gunakan itulah yang dimaksud dengan Istilah Tukang Kampung. Bila Anda cari istilah-istilah yang mereka gunakan itu sama sekali tidak ada di kamus teknik sipil atau dipelajaran di bangku kuliah teknik sipil juga sama sekali tidak pernah ditemukan.

Pernahkan Anda mendengar istilah-istilah tukang kampung berikut ini di Pekanbaru? Seperti: Tapak Gajah, Besi Cincin, Besi Termol, Pasak Bumi, Tombak Layar, Cakar Ayam. Ya, kayaknya tak asing juga! Sangat mengherankan, istilah-istilah tersebut di atas, rupanya bukan hanya sekedar istilah tukang kampung yang digunakan proyek. Ternyata juga ada gambar kerja yang dibuat oleh sarjana-sarjana teknik yang menggunakan istilah-istilah tukang kampung ini. Di mana sekolahnya, ya?

Saya sudah 16 tahun mengajar sebagai dosen teknik sipil dan saya belum pernah menyumpai adanya istilah tapak gajah dalam referensi karangan siapa pun. Tetapi yang membuat saya terheran-heran ada juga kontrak kerja yang bernilai puluhan miliar yang salah satu item pekerjaannya adalah “tapak gajah”. Jadi, rupanya istilah-istilah tukang kampung bukan hanya ada di gambar kerja, tetapi ada juga di dalam kontrak kerja, terutama kontrak kerja pihak-pihak swasta.

Melalui artikel ini saya akan mencoba menjelaskan item pekerjaan apa yang dimaksud istilah-istilah tukang kampung tersebut di atas. Istilah pertama: “Tapak Gajah”, rupanya yang dimaksud dengan istileh “tapak gajah” adalah pondasi umpak beton bertulang, atau pondasi setempat, dalam referensi-referensi teknik sipil disebut “foot plate”. Istilah kedua: “Besi Cincin”, rupanya yang dimaksud dengan “besi cincin” adalah sengkang-sengkang atau begel, yang dalam dunia teknik sipil sengkang-sengkang atau begel ini berfungsi untuk menahan gaya geser pada balok dan kolom beton bertulang. Istilah ketiga: “Besi Termol”, rupanya yang dimaksud dengan istileh “besi termol” adalah besi yang ditekuk seakan-akan menghubungkan besi atas dengan besi bawah balok. Sebenarnya dalam dunia teknik sipil, hal ini terjadi karena besi tarik pada tumpuan balok yang terletak di atas di tekuk, diteruskan menjadi besi tarik di lapangan pada suatu struktur balok lantai. Istilah keempat “Pasak Bumi”, mungkin istilah yang satu ini tidak terlalu asing buat Anda, apa itu? Ya, benar! Maksudnya adalah tiang pancang. Istilah kelima “Tombak Layar”, Anda tentu pernah melihat bangunan gudang atau sejenisnya. Rupanya yang diksud dengan tombak layar adalah pasangan tembok yang tinggi biasanya berbentuk segitiga atau boleh juga kita katakan yang menyerupai singap. Istilah terakhir “Cakar Ayam”, istilah ini jelas bukan “pondasi cakar ayam” yang ditemukan oleh Sudiyatmo, rupanya istilah cakar ayam di sini adalah anyaman besi pondasi umpak.

Demikian artikel ini, silahkan Anda tambahkan istelah-istilah tukang kampung lainnya.***


0 Response to "Istilah Nama Dalam Dunia Bangunan"

Diberdayakan oleh Blogger.