Membuat Denah Rumah

Cara Membuat Denah Rumah

Wanita Lebih Menentukan Tata Ruang Rumah
Pada penentuan denah dan tata ruang,seorang istri lebih berhak,dikarenakan seorang Istri yang bakal banyak waktu di rumah,dan ketentuan tata ruang biasanya sangat menentukan aktifitasnya saat di rumah,dalam keseharian dan kepedulian dengan tata ruang seorang Istri lebih mengetahui fungsi dan kegunaan ruangan dan Furniturnya,dari peletakan lemari,meja,dan lain-lain.
Dan disini kami akan ajak anda ,bagaimana cara membuat denah dan tata ruang yang sederhana dan tahapanya.
Cara Membuat Denah Rumah
Setelah mengetahui definisi dan karakteristiknya, sekarang kami akan membahas tahap-tahap pembuatan denah rumah. Mari kita  mulai dari tahapan pertama.
1.     Buat daftar aktivitas
Langkah pertama dari cara membuat denah rumah adalah dengan membuat daftar aktivitas yang nantinya akan kamu lakukan di ruangan tersebut. Misalnya kamu adalah seorang YouTuber yang membutuhkan studio rekaman. Berarti kamu harus menyisakan space untuk dijadikan sebagai mini studio. Atau jika kamu adalah seorang Tukang Jahit,maka ada persiapan untuk aktifitas di rumah,setidaknya sudah dipersiapkan.
Atau mungkin kamu suka memasak, berarti buatlah dapur yang lega supaya kamu tetap nyaman saat menghabiskan waktu berjam-jam di dapur.
2.     Tentukan jumlah ruangan
Setelah membuat daftar, cara menggambar denah rumah adalah dengan menentukan berapa banyak ruangan dan jumlah lantai yang akan kamu buat. Dan jangan lupa disini juga anda harus mengukur budget atau anggaran dananya supaya bisa pas.
Jika bangunannya sudah ada, kamu tinggal survey ruangan yang ada dan bagi ruangan sesuai kebutuhan aktivitasmu. Namun jika bangunan belum ada, kamu dapat menggambar denah berdasarkan ukuran lahan dan lokasi yang akan dibangun.

3.     Ukur lahan
Jika bangunan sudah ada, mulai ukur dinding, pintu, dan furnitur terkait sehingga floor plan menjadi lebih akurat. Akan lain treatment-nya jika kamu membangun di lahan kosong. Pastikan total area akan sesuai dengan tempat yang akan dibangun. Kamu dapat melihat bangunan lain yang ada di daerah tersebut sebagai referensi dan perkiraan hasil denah yang akan dibuat nantinya.
4.     Mulai membuat denah dasar
Cara membuat denah rumah yang berikutnya adalah dengan membuat denah dasar. Dikatakan denah dasar karena hanya terbuat dari garis-garis sederhana yang dimainkan tebal dan tipisnya. Meski simpel, denah dasar sangat berguna supaya kamu mendapat gambaran kasar bagaimana struktur rumah nantinya.
5.     Gambar pintu dan jendela secara spesifik
Untuk gambar pintu dan jendela memiliki bentuk tersendiri agar dapat dibedakan dengan mudah. Buatlah gambar pintu dan jendela secara spesifik, tak lupa pastikan arahnya sudah benar,dan model pintu serta jendela yang di inginkan.
6.     Beri Nama Setiap Ruangan.
Supaya gak bingung, berilah nama di setiap denah ruangan. Misalnya ada ruangan di bagian pojok yang rencananya akan dijadikan kamar mandi, tulislah “Kamar Mandi” di area denah ruangan tersebut. Namanya tidak perlu panjang-panjang, yang penting jelas.
7.     Gambar furnitur sesuai letak yang sesungguhnya.
Nah, cara menggambar denah rumah yang berikutnya adalah dengan menggambar furnitur sesuai letak yang sesungguhnya. Tujuannya supaya kamu dapat membayangkan apakah masih ada space kosong untuk berlalu-lalang. Ukuran furnitur juga bisa disesuaikan dengan ukuran lahan.
8.     Beri pembeda tekstur.
Dinding bata, keramik, dan semen memiliki tekstur yang khas. Sebagai pembeda, kamu dapat menggunakan arsiran dengan arah dan pola yang berbeda pula, GenK. Misalnya fasad depan rumah ingin disusun dengan batu bata, berarti gambarlah pola batu bata di bagian fasad.
Setelah melalui proses panjang cara membuat denah rumah, sekarang semuanya sudah siap digunakan. Iya sih proses pembuatannya gak mudah, tapi sebenarnya siapa pun bisa membuatnya. Hal yang menjadi utamanya adalah pengukuran lahan yang sesuai dan perbandingan skala yang tepat saat digambar menjadi denah rumah.


0 Response to "Membuat Denah Rumah"

Diberdayakan oleh Blogger.